Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review dan Harga serta Spesifikasi Xiaomi 12

Ponsel flagship seringkali memiliki ukuran yang besar, dengan layar lebar yang memungkinkan tampilan antarmuka (UI) terlihat lebih indah. Performa yang tinggi juga kerap menjadi fokus utama dari produk tersebut.

Meskipun begitu, tidak semua vendor menyediakan opsi ponsel yang lebih mudah digunakan dengan satu tangan. Xiaomi 12 merupakan salah satu produk yang menawarkan opsi tersebut, seperti yang dibahas dalam ulasan kami kali ini.

Review dan Harga serta Spesifikasi Xiaomi 12

Pada tanggal 7 April 2022, Xiaomi 12 secara resmi hadir di Indonesia. Seri ini terdiri dari dua varian, yaitu Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro, dengan perbedaan tertentu yang akan kami bahas dalam tulisan berbeda.

Ponsel ini memiliki fokus pada kualitas fotografi yang tinggi. Namun, apakah ini benar-benar menjadi fokus utama dari produk ini?

Desain Ringkas dan Mungil

Desain yang ringkas dan mudah digenggam menjadi faktor penting dalam memilih ponsel, terutama ketika semua ponsel memiliki fitur yang hampir sama.

Hal ini bahkan dapat menjadi alasan seseorang untuk beralih dari satu flagship ke yang lain atau dari satu sistem operasi ke sistem operasi lainnya.

Xiaomi 12 hadir dengan pendekatan desain yang menarik, dimana ponsel ini menawarkan ukuran yang lebih kecil daripada varian Pro-nya.

Desain dan Ukuran layar Xiaomi 12

Meskipun demikian, ponsel ini tetap menjadi salah satu flagship dengan bentangan layar lebar hingga ke bagian tepi, yang juga dikenal sebagai Edge display.

Desain ini pernah menjadi standar pada beberapa flagship di masa lalu dan terbukti masih diminati oleh banyak orang.

Istilah "edge display" merujuk pada layar yang membentang hingga ke sisi-sisi perangkat, sehingga memberikan tampilan yang lebih luas dan menarik.

Keuntungan dari desain yang ringkas dan mudah digenggam adalah kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari serta kemudahan dalam membawa perangkat tersebut.

Layar AMOLED 120Hz

Layar Xiaomi 12 memang menjadi salah satu keunggulan yang patut diperhatikan. Dengan menggunakan teknologi AMOLED DotDisplay Full HD+ (2400 x 1800 pixel), layarnya tampak sangat tajam dan detail.

Layar Xiaomi 12 Amoled 120Hz

Refresh rate sebesar 120Hz juga memberikan pengalaman visual yang sangat mulus dan responsif, bahkan saat digunakan untuk memainkan game.

Selain itu, tingkat kecerahan layarnya yang sangat baik membuat ponsel ini cocok digunakan di luar ruangan.

Audio hp ini telah dilengkapi dengan dukungan Dolby Vision dan HDR10+, sehingga membuat menonton film menjadi lebih hidup dan menyenangkan untuk ditonton.

Secara khusus, layarnya terasa sangat bagus saat digunakan untuk memainkan game yang penuh warna seperti Genshin Impact. Sebab, reproduksi warnanya sangat nyaman untuk dilihat.

Dalam penggunaan sehari-hari, respons layar terhadap sentuhan sangat lancar dan nyaris tanpa jeda, membuat penggunaan aplikasi terasa lebih nyaman.

Kamera 50MP dengan 8K Video Recording

Xiaomi 12 mempersembahkan kamera yang sangat memukau, dengan kualitas dan resolusi kamera yang unggul.

Dibandingkan dengan varian Pro, ponsel ini menawarkan tiga kamera dengan resolusi dan fungsi yang berbeda.

Hasil foto kamera utama Xiaomi 12

Kamera utamanya memiliki resolusi 50MP dengan bukaan besar f/1,88 dan menggunakan sensor Sony IMX 766, yang merupakan sensor yang populer digunakan di ponsel flagship sejak dua tahun belakangan.

Sensor ini cukup besar, sekitar 0,7 inci atau 1/1,56", yang memungkinkan kamera utama menangkap cahaya dengan baik. Kamera utama ini mampu merekam video 8K yang sangat berkualitas.

Hasil foto night mode Xiaomi 12
Hasil foto night mode Xiaomi 12

Selain kamera utama, Xiaomi 12 juga dilengkapi dengan kamera ultra-wide 13MP dan tele macro 5MP untuk memberikan pengalaman fotografi yang lebih variatif.

Hasil foto kamera Ultra-wide xiaomi 12
Hasil foto kamera Ultra-wide xiaomi 12

Fitur yang menarik dari kamera ponsel ini adalah adanya Steady Video yang terdiri dari 2 level, yakni steady video dan steady video pro, yang berfungsi untuk mengurangi goyangan atau getaran saat merekam video.

Hal ini sangat berguna saat pengguna merekam video sambil berjalan atau dalam situasi yang tidak stabil.

Namun, perlu diperhatikan bahwa saat fitur Steady Video dan Steady Video Pro aktif, kita hanya bisa merekam video maksimal di resolusi 1080p 30fps saja.

Hasil foto portrait xiaomi 12
Hasil foto portrait xiaomi 12

Perbedaan antara kedua level Steady Video ini terletak pada besaran croppingan video yang dilakukan oleh sistem, sehingga sudut Steady Video Pro akan lebih sempit dari Steady Video biasa.

Platform Android 12 dan MIUI 13

Xiaomi 12 membawa sistem operasi (OS) Android 12 dengan tampilan antarmuka MIUI 13 terbaru.

MIUI 13 memiliki banyak fitur bawaan, tetapi saya hanya menyoroti beberapa fitur favorit. Seperti fitur super wallpaper pada layar depan memberikan tampilan yang premium.

Seperti kebanyakan hp Xiaomi dan Redmi lainnya, Xiaomi 12 juga tetap menghadirkan fitur Mi Remote. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengontrol AC atau televisi di rumah.

Selama satu minggu penggunaan, saya tidak menemukan iklan sama sekali, meskipun ada beberapa penyesuaian yang dilakukan di awal untuk mengatur tampilan multitasking seperti Android lain dan bar notifikasi yang awalnya dipisah dari pintasan tombol.

Sebagai pengguna iPhone, saya mengaku bingung karena Android dan iPhone memiliki perbedaan. MIUI terbaru di hp Xiomi ini cukup nyaman digunakan meskipun memerlukan beberapa penyesuaian di awal. MIUI memiliki banyak fitur, tetapi saya hanya menggunakan beberapa saja.

Audio Tuned by Harman Kardon

Xiaomi 12 hadir dengan kualitas speaker stereo yang sangat memukau. Speaker ini mampu menghasilkan suara yang jelas, nyaring, dan terperinci, sehingga dapat memenuhi kebutuhan para pengguna smartphone untuk mendengarkan musik atau menonton film dengan kualitas suara yang baik.

Keunggulan dari speaker stereo Xiaomi 12 terletak pada penempatan speaker yang strategis pada bagian atas dan bawah perangkat, sehingga suara yang dihasilkan terdistribusi secara merata dan tidak tertutupi oleh jari pengguna.

Flagship Xiaomi murah ini juga dilengkapi dengan teknologi pengolahan suara terbaru yang mampu meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan.

Selain menawarkan speaker stereo berkualitas tinggi dengan suara yang jelas, lantang, dan detail. Hp ini juga terdapat fitur audio 24-bit/192kHz yang membuat kualitas audio semakin jernih dan menghasilkan detail suara yang lebih banyak.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik atau audio lainnya dengan kualitas yang lebih tinggi dan lebih akurat.

Kualitas Audio Dolby dan Harman Kardon pada Xiaomi 12

Kemudian ada juga fitur Tuned by Harman Kardon. Harman Kardon merupakan brand audio yang terkenal dan telah lama diakui sebagai pemimpin di industri audio.

Dengan fitur ini, suara yang dihasilkan oleh speaker Xiaomi 12 menjadi lebih balance dan terdengar lebih natural. Hal ini memberikan pengalaman audio yang lebih baik dan lebih memuaskan bagi pengguna smartphone ini.

Dengan kualitas suara yang jempolan, hp ini dapat menjadi pilihan terbaik bagi pengguna smartphone yang membutuhkan kualitas suara yang baik dan detail.

Performa Chipset Snapdragon 8 Gen 1

Xiaomi 12 menawarkan respon yang luar biasa ketika menjalankan aplikasi apapun berkat kapasitas RAM 8GB-nya. Xiaomi juga menyediakan fitur Memory extension yang secara otomatis menambah 3GB virtual RAM untuk multitasking yang lebih lancar.

Selain itu, Xiaomi memberikan opsi tambahan untuk memprioritaskan performa di menu Settings, meskipun saya tidak menyarankan karena akan mempengaruhi daya tahan baterai.

Spek Xiaomi 12 dengan Chipset Snapdragon 8 Gen 1

Meskipun memiliki dimensi yang lebih kecil, Xiaomi 12 berhasil mengoptimalkan chipset Snapdragon 8 Gen 1 sehingga suhu bodi tidak mudah terasa hangat. Meskipun sesekali terasa panas, hal itu wajar dan serupa dengan smartphone lainnya.

Baterai Didukung Fast Battery Charring 65W

Baterai Xiaomi 12 berkapasitas besar 4,500 mAh meski bodinya terbilang kecil. Saat diuji, baterai hp Xiaomi ini mampu bertahan seharian penuh bahkan dengan mengaktifkan fitur Always-on display, dan hanya habis pada hari dengan penggunaan yang sangat intensif.

Animasi Fast Battery Charring Xiaomi 12

Kecepatan pengisian dayanya pun patut diacungi jempol, dengan dukungan hingga 67W menggunakan kabel yang dapat mengisi baterai dari 0% hingga 100% dalam waktu hanya 39 menit. Dan, charger 50W secara nirkabel yang dapat mengisi baterai dari 0% hingga 100% dalam waktu hanya 53 menit. Tak hanya itu, Xiaomi 12 juga mendukung wireless charging hingga reverse wireless charging (10W).

Meski pengisian daya hingga 100% membutuhkan waktu lebih lama dibanding solusi vendor lain yang menggunakan 65W dengan dua baterai, namun ini wajar mengingat kapasitas baterai dan ukuran smartphone ini yang cukup compact.

Spesifikasi Xiaomi 12

 SPESIFIKASI REDMI NOTE 11
 Layar 6.28" AMOLED, 1080 x 2400 pixels, Dolby Vision, HDR10+
 Chipset Qualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm)
 OS/UI Android 12, MIUI 13
 Kamera 50 MP, f/1.9, (PDAF & OIS)
 Selfie 32 MP, f/2.5, 26mm
 Memori 8GB+128GB, 8GB+256GB, 12GB+256GB
 Baterai Li-Po 4500 mAh
 Charger 67W (kabel) 100% dalam 39 menit, 50W (wireless) 100% dalam 53 menit
 FITUR
 Pelindung Corning Gorilla Glass Victus
 Refresh rate 120Hz
 Bodi Belakang Gorilla Glass 5
 NFC Ya
 Infrared Ya
 USB USB Type-C 2.0, OTG
 HARGA REDMI NOTE 11
 8GB+256GB Rp 7.999.000
 Update 20 April 2023

Kesimpulan Xiaomi 12 Versi Indonesia

Xiaomi 12 adalah pilihan terbaik untuk smartphone kompak di awal tahun 2022 karena memiliki dimensi bodi, layar, dan kamera yang mengagumkan.

Tampilan Susunan Kamera utama Xiaomi 12

Dengan ukuran yang tidak terlalu kecil, baterai smartphone ini bisa bertahan sepanjang hari dan sangat nyaman di genggaman berkat profilnya yang ramping.

Hp Xiaomi ini relatif adem saat digunakan, kecuali pada skenario tertentu yang mengharuskan chipset-nya bekerja lebih keras.

Kameranya juga berkualitas tinggi, meskipun belum memiliki sensor telefoto. Dan, yang tidak kalah penting, Xiaomi 12 sudah mendukung fast wireless charging yang memungkinkan baterai hp ini terisi penuh dari 0%-100% kurang dari 1 jam.

Joni Pranata
Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

Posting Komentar untuk "Review dan Harga serta Spesifikasi Xiaomi 12"