Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Saya Menghasilkan Uang dari Internet Melalui Kegiatan Menulis

“Gimana sih caranya kamu menghasilkan uang dari internet?” Tanya seorang teman kepada saya saat kami bertemu di acara reuni sekolah.

“Gampang kok! Kita tinggal menyesuaikan hobi dan keahlian kita aja.” Jawab saya singkat.

“Maksudnya gimana?” Tanya lagi penuh rasa penasaran.

“Maksud saya gini… menghasilkan uang dari internet itu caranya bisa macam-macam. Bisa dengan mengupload video, menulis, jualan produk, atau jualan hasil foto kamera hp. Contohnya, kalau kamu punya hobi tertentu, kamu bisa mendokumentasikannya dalam bentuk video. Kemudian kemas agar lebih menarik, lalu upload secara rutin ke YouTube dengan membuat channel pakai akun Gmail. Kalau, subscriber chanel YouTube-mu sudah 1000, trus waktu tonton video-video yang kamu upload sudah mencapai 4000 menit, Nanti YouTube akan nawarin monetisasi. Maksud saya, kamu akan dapat sejumlah uang dari iklan iklan yang muncul di video YouTube-mu.” Jelas saya panjang lebar.

“Kalau saya nih… saya kan hobi nulis. Kalau konten berupa tulisan, cocoknya di upload di blog. Untuk menghasilkan uang dari kegiatan ngeblog ini caranya bisa macam-macam. Contohnya, saya bisa menjual tulisan saya ke orang-orang yang butuh. Karena banyak pemilik website atau blogger di luar sana yang nggak punya waktu untuk nulis buat ngisi website atau blog-nya dengan konten artikel. Atau, kita juga bisa dapat uang dari iklan Google seperti di YouTube. Trus, kita bisa juga jualan backlink. Kemudian, kita juga bisa menghasilkan uang melalui review produk. Atau, bisa juga dengan mengikuti lomba menulis.” Imbuh saya.

“Oh, gitu caranya!” Ucap teman saya menanggapi penjelasan saya yang entah bisa ia mengerti atau tidak.

“Tapiiii… ada tapinya nih.” Pungkas saya sebelum teman saya mengajukan pertanyaan lain.

“Apa, ‘tapinya?’” Tanyanya polos.

Saya pun mencoba menjelaskan lebih detail tentang bagaimana caranya menghasilkan uang melalui internet dengan menjadi blogger atau penulis.

“Sama seperti di Youtube. Kalau kita mau menghasilkan uang dari kegiatan ngeblog atau menulis, kita nggak bisa langsung menghasilkan uang begitu saja.”

“Supaya blog kita bisa menghasilkan uang, blog tersebut harus dioptimasi supaya gampang di ditemukan oleh Google. Misalnya, dengan cara rutin dan konsisten mempublish tulisan. Semakin tua umur blog yang kita bangun, semakin banyak tulisan yang kita publish, semakin bagus dan informatif tulisan kita, maka rating blog akan terus naik. Semakin tinggi ratingnya semakin baik.”

“Biasanya, kalau rating blog kita sudah bagus, akan banyak orang atau perusahaan yang mau mempromosikan atau meng-endorse produknya melalui blog kita. Atau, bisa juga beli backlink untuk mendukung blog-nya supaya ratingnya naik.”

“Jadi, untuk menaikkan rating blog, selain harus rajin publish artikel, blog kita juga harus dapat backlink dari blog atau website lain yang juga punya rating bagus.”

“Wah, susah dan rumit ternyata.” Komentar teman saya.

“Hahahaha…” Tanpa dikomando kami tertawa terbahak-bahak mendengar komentar tersebut.

“Ya, kedengarannya mungkin rumit dan susah. Tapi, kalau di jalanin nggak sulit kok.”

“Trus, gimana caranya kamu mulai ngeblog dulu?” Tanya teman saya masih penasaran.

Saya pun menceritakan pengalaman saya sejak pertama kali berkenalan dengan dunia blogging.

Cerita Perjalanan Saya Menjadi Blogger

Ketika dulu pertama kali menggunakan platform blogger untuk menulis. Tujuan awal saya bukan untuk menghasilkan uang. Melainkan, untuk menulis keluh kesah atau uneg-uneg yang ada di otak saya. Karena saya nggak terlalu suka curhat ke orang-orang tentang masalah-masalah yang saya hadapi.

Pada awalnya, saya lebih banyak menulis keluh-kesah di buku diary. Tapi, sejak saya mulai bisa mengakses internet dari rumah. Saya lebih suka menuangkan ide-ide dan keluh kesah di platform blog gratisan seperti platform Blogger yang ditawarkan oleh Google.

Setelah bertahun-tahun ngeblog saya tetap berusaha untuk mempertahankan idealisme dengan tidak menerima pesanan backlink, product review, ataupun Google Adsense untuk menghasilkan uang.

Tapi karena kebutuhan makan uang yang terus mendesak, membuat saya tidak saya seidealis dulu.

Supaya bisa menghasilkan uang melalui blog, saya banyak berdiskusi dengan teman-teman blogger yang sudah berpengalaman dalam menghasilkan uang. Jadi, berdasarkan saran mereka, saya mulai mempersiapkan blog saya agar bisa menghasilkan uang dengan berbagai cara seperti yang saya ceritakan ke teman saya tadi.

Berikut adalah langkah-langkah yang saya lakukan agar blog yang saya bangun bisa menghasilkan uang dari internet.

1. Membeli Domain

Langkah pertama yang dilakukan setelah punya blog gratisan dan mengisinya dengan artikel adalah membeli domain.

Jadi, dengan membeli, kita bisa mengubah domain gratisan semisal www.jooizzy.blogspot.com menjadi www.jooizzy.com yang terlihat lebih profesional.

Selain untuk mempersingkat nama domain, tujuan utama kita menggunakan domain berbayar adalah untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Kalau kita rela membayar sejumlah uang untuk membeli domain, artinya kita bersungguh-sungguh dan akan lebih bertanggung jawab apabila diajak kerjasama. Mengingat, nama domain tertentu seringkali bersifat eksklusif dan tidak semua orang bisa memilikinya. Karena itu, jangan heran apabila nama-nama domain tertentu bisa sangat mahal.

Tapi jangan khawatir, rata-rata domain dengan akhiran dot com (.com) dijual dengan harga mulai 100 ribuan saja dengan masa berlaku selama satu tahun.

Jika masa berlakunya sudah habis, kita bisa memperpanjang dengan membayar sewa di tempat yang sama di tempat kita membelinya dulu.

2. Memilih Niche Artikel

Pada awalnya, blog yang saya bangun saya gunakan untuk menulis berbagai kategori (niche). Mulai dari politik, lifestyle, kesehatan, seni (art), dll.

Mengangkat niche gado-gado seperti ini di blog tidak begitu disarankan. Karena itu, saya mencoba fokus memilih beberapa niche yang berkaitan.

Misalnya, kita bisa memilih niche teknologi yang membahas seputar komputer, software, hp, hingga home appliance.

3. Melengkapi Blog dengan Kontak dan Site Map

Kontak dan site map, adalah dua hal yang sangat penting apabila kita berencana untuk menghasilkan uang melalui blog. Dengan adanya kontak yang lengkap, orang yang ingin bekerja sama dengan kita akan lebih mudah untuk menghubungi kita.

Begitu juga dengan sitemap, fitur ini akan memudahkan orang menjelajahi situs kita untuk melihat isinya guna menilai konten yang kita publish.

4. Mengganti Desain Blog

Sebelum berencana memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang, pada awalnya saya lebih suka menggunakan tema (theme) blogger yang mencerminkan kepribadian saya.

Hanya saja, tema-tema tersebut kadangkala terlihat rumit dan tidak enak dipandang oleh orang lain, karena setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda.

Untuk membuat blog terlihat lebih profesional, maka kita harus menyederhanakan tema blog dan memilih desain yang bersih agar tulisannya mudah dibaca dan navigasinya mudah dipahami.

5. Aktif di Komunitas

Ada banyak komunitas blogger yang bisa kita temukan di sosial media seperti Facebook, Telegram, hingga Twitter.

Bergabung dengan komunitas blogger akan membuka peluang bagi kita untuk mendapatkan job semisal, review produk, penawaran backlink, hingga endorsement.

6. Langganan Internet Provider

Meski bisa menulis dengan mengandalkan internet seadanya, namun, akan lebih baik jika kita berlangganan internet provider yang menawarkan speed internet yang tinggi, kuota yang banyak, dan harga yang murah.

Pasalnya, agar bisa konsisten mendapatkan ide-ide segar untuk menulis, kita harus rutin mencari referensi baik itu melalui website apapun konten-konten lainnya termasuk konten video di YouTube.

Apalagi jika kita bekerja dengan menggunakan laptop atau komputer, kapasitas dan speed internet yang kita butuhkan jauh lebih besar dibandingkan dengan apabila kita menggunakan smartphone atau tablet.

Karena alasan tersebut, saya pribadi memutuskan untuk berlangganan IndiHome dari Telkom Indonesia.

Menurut saya, harga langganan IndiHome sangat murah. Untuk paket 1P dengan kecepatan 30 Mbps biaya langganannya cuma 200 ribuan perbulan.

Dengan biaya yang terjangkau tersebut, kita sudah bisa menikmati kuota internet (FUP) hingga 700 GB setiap bulannya.

Dengan jumlah kuota yang besar dan speed internet yang kencang, kita akan lebih leluasa dalam eksplorasi untuk mencari ide atau referensi tulisan.

Kesimpulan

Untuk menghasilkan uang dari internet melalui kegiatan menulis caranya bisa dengan menjual tulisan atau dengan “ternak” blog.

Beberapa hal yang bisa mendukung kita lebih cepat menghasilkan uang dari kegiatan ngeblog diantaranya adalah, dengan meningkatkan kualitas tulisan, membeli Top Level Domain (TLD), berlangganan internet yang menyediakan kuota unlimited dan speed kencang seperti yang ditawarkan oleh Telkom Indonesia melalui layanan IndiHome, fokus membahas niche tertentu di blog, bergabung dengan komunitas blogger, serta memperbaharui tema blog agar terlihat lebih profesional.

Joni Pranata
Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

Posting Komentar untuk "Cara Saya Menghasilkan Uang dari Internet Melalui Kegiatan Menulis"