Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Wisata Alam di Singapura Untuk Liburan Sekolah

Selama ini, liburan sekolah di Singapura identik dengan aktivitas belanja barang-barang bermerek, menginap di hotel mewah, dan berkunjung ke destinasi wisata yang serba canggih. Namun ternyata negara kecil ini juga memiliki banyak destinasi wisata alam. Wisata alam di Singapura juga menawarkan panorama alam yang mengagumkan.

Bagi kamu yang tertarik untuk melihat wisata alam yang ada di Singapura, kamu bisa langsung datang ke negara ini dengan menggunakan maskapai Singapore Airlines. Tiket maskapai ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di aplikasi Traveloka. Saat ini berburu tiket di Traveloka semakin mudah dan aman karena adanya fitur easy reschedule dan refund Traveloka.

Lantas apa saja destinasi wisata alam yang ada di Singapura? Simak penjelasan berikut ini!

MacRitchie Nature Park

Buat kamu yang ingin menikmati wisata alam di Singapura dengan pemandangan hutan yang indah, kamu bisa datang ke MacRitchie Nature Park. Untuk menuju tempat ini, wisatawan bisa naik MRT ke Marymount lalu melanjutkan perjalanan naik bus ke Venus Drive. Dari tempat tersebut kamu bisa tinggal jalan kaki untuk bisa sampai ke lokasi.

Salah satu keunikan dari destinasi ini, terdapat sebuah jembatan dengan Panjang 250 meter. Umumnya pengunjung akan melewati jembatan tersebut sambil menikmati keindahan hutan di MacRitchie Nature Park. Suasana hutan yang asri dengan banyaknya kicauan burung menjadi salah satu daya tarik tempat ini. 

Sungei Buloh Nature Park

Sungei Buloh Nature Park merupakan taman burung di Singapura dengan habitat yang masih terjaga keaslamiannya. Di sini kamu bisa melihat atau mendengar beragam kicauan burung. Terdapat banyak spesies burung yang hidup di tempat ini. Selain burung, di sini terdapat jenis hewan lainnya, seperti kadal, mudskipper, dan kupu-kupu.

Taman burung ini memiliki luas sekitar 87 hektare. Di tempat ini kamu bisa jalan-jalan sambil melihat keindahan pohon bakau, saat pagi atau sore hari. 

Bukit Timah Nature Reserve

Jika kamu suka hiking dan ingin merasakan sensasi hiking di negara lain, kamu bisa datang ke Bukit Timah Nature Reserve. Di tempat ini ada beragam jenis flora dan fauna yang bisa kamu lihat secara langsung. Di sini kamu juga bisa melihat harimau pertama yang ditemukan di Singapura. Selain itu, di sini kamu juga bisa menikmati keindahan danau granit dan mendaki ke puncak tertinggi yang ada di Singapura.

Pulau Ubin

Meskipun tergolong negara kecil, ternyata Singapura juga memiliki beberapa pulau, salah satunya Pulau Ubin. Pulau ini berlokasi tidak jauh dari Bandara Changi. Berbagai aktivitas seru bisa kamu lakukan di sini, salah satunya bersepeda sambil mengelilingi pulau. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat keindahan danau dan tambang granit. Di pulau ini juga terdapat banyak jenis flora dan fauna yang kamu lihat secara langsung.

Bukit Batok Nature Park

Destinasi wisata alam selanjutnya adalah Bukit Batok Nature Park. Dahulunya destinasi ini merupakan tambang timah yang cukup besar di Singapura. Sekarang, setelah tidak beroperasi, tempat ini sekarang menjelma menjadi taman dengan keindahan alam yang mengagumkan. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk kamu yang liburan sekolah bersama keluarga. Sebab, di sini ada banyak jenis flora dan fauna yang bisa kamu lihat.

Satu hal yang menarik adalah di sini terdapat spesies burung endemic, yakni elang dengan kepala berwarna abu-abu. Burung elang ini sudah sangat langka keberadaannya dan saat ini hanya bisa ditemukan di sini.

Punggol Park

Satu lagi wisata alam yang cocok untuk keluarga adalah Punggol Park. Destinasi wisata ini sangat ramah dengan anak-anak. Di sini terdapat berbagai fasilitas yang ramah anak, salah satunya area playground. Tidak hanya itu, tempat ini juga menyediakan fasilitas lain yang bisa digunakan oleh orang dewasa, salah satunya tempat belajar Tai Chi.

Scenic Singapore The Southern Ridges

Wisata alam populer selanjutnya adalah Scenic Singapore The Southern Ridges. Tempat ini menawarkan panorama alam yang khas Singapura. Salah satu yang menjadi daya tarik tempat ini adalah jembatan di atas hutan tropis dengan panjang mencapai 10 kilometer. Di jembatan ini kamu bisa jalan-jalan sambil melihat keindahan alam yang ada di bawahnya. Di samping itu, kamu juga bisa mengunjungi beberapa taman yang ada di tempat ini melalui jembatan.

Changi Beach Park

Changi Beach Park merupakan salah satu wisata pantai populer yang ada di Singapura. Pantai ini berlokasi tidak jauh dari pusat kota Singapura. Di sini kamu bisa menikmati keindahan pantai dengan ombak yang cukup tenang. Selain itu, pada sore hari kamu juga bisa menikmati keindahan sunset. 

Itulah beberapa rekomendasi wisata alam yang ada di Singapura. Jadi tidak hanya mall dan wisata rekreasi yang kaya akan teknologi, di sini juga banyak wisata alam yang menarik. 

Joni Pranata
Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Wisata Alam di Singapura Untuk Liburan Sekolah"